Minggu, 20 April 2014

Nama Saya #kresAngka

Pagi Jodoh *eh

pagi ini cerah banget ya cuacanya. Hari ini adalah tepat 20 hari setelah tanggal 2 April kemaren *hahaha semua juga tau kali. Rabu 2 April 2014 kemaren adalah hari yang mungkin akan slalu aku ingat dan akan selalu aku tulis rapi di Note HandPhone hehe.

Rabu 2 April adalah hari dimana pada akhirnya aku lolos dan mendapatkan sertifikasi CCIE. Kata orang sertifikasi dari salah satu Principle Jaringan ini terkenal sulit dan sadis, memang mungkin benar seperti itu, tapi asal kita mau berusaha lebih dari yang lain, yakin deh kita pasti bisa. Jangankan cuma CCIE .. CCxx yang lain pun juga akan kita dapatkan asal mau berusaha hehehe..

Oiya sebelum aku cerita tentang 2 April, aku mau cerita flashback dulu ke hari - hari sebelumnya, dan mungkin disini aku ingin berbagi ke temen-temen apa sih itu CCIE.

Cisco Certified Internetwork Export atau biasa yang disebut dengan CCIE merupakan sebuah program sertifikasi dari Cisco System kepada setiap Profesional yang bergelut dibidang Network. CCIE ini ada banyak lo, berikut ini adalah List CCIE Program :

  • CCIE Collaboration
  • CCIE Data Center
  • CCIE Routing & Switching (R&S)
  • CCIE Security (Sec)
  • CCIE Service Provider (SP)
  • CCIE Service Provider Operation
  • CCIE Voice (Retired)
  • CCIE Wireless
Nah, tgl 2 April kemaren itu aku cuma ambil salah satu bidang dari CCIE Program di atas. Aku ambil CCIE Routing & Switching (R&S).

Kata Cisco, Pemegang sertifikasi CCIE hanya 3% dari seluruh pemegang sertifikasi Cisco yang lain, dan 1% dari jumlah manusia yang bergelut dibidang Networking *world wide*. Betapa beruntungnya bisa menjadi bagian dari 3 dan 1 persen tersebut.


Banyak orang berpendapat bahwa untuk mendapatkan Sertifikasi ini tidaklah mudah, bahkan banyak orang yang rela keluar dari kontrak kerjanya sengaja hanya untuk fokus dan konsen belajar dari setiap  materi - materi yang akan diujikan di CCIE. Memang sih, Materi nya itu banyak bin banget, kalo di print bisa sampe 3 lembar. Itulah mengapa Cisco bilang bahwasanya di dunia ini hanya 1% orang yang bergelut di bidang Networking memiliki Sertifikasi CCIE.

Mengejar CCIE tidak sama dengan mengejar seorang wanita idaman *ciehh. Kalo ngejar cewek, biasanya ada trik tarik ulur, tapi kalo ngejar sertifikasi CCIE ini, buru - buru mau ngulur, ditarik-in tiap hari pun kadang nggak nyantol sama sekali dikepala. Jadi harus tarik bin banget biar bisa nempel dan super nempel di kepala *emang nya koyo.

Nah diatas tadi singkat cerita tentang CCIE dan beberapa Program CCIE yang ada. Kalian berminat ? aku harap semua yang baca tulisan ini berminat dan memulai untuk belajar, meskipun bukan CCIE. Yang penting Belajar, Belajar  dan Belajar. Beda dikit lah sama Jargon nya Pak Dahlan yang "Kerja Kerja Kerja" hehehe.

Cerita ini dimulai sekitar 1 tahun yang lalu, dimana pada 9 April 2013 aku akhirnya bisa lulus CCIE Written. Oh iya aku lupa ngasih tau, Ujian CCIE itu dibagi menjadi Dua Model, yang pertama adalah CCIE Written dan yang terakhir adalah CCIE Lab. CCIE Written itu kita di minta untuk menjawab beberapa pertanyaan dari Cisco, jumlah nya kurang lebih 100 soal waktunya 3 jam an lah. Nah Materi-nya Written ya yang aku bilang sampe 3 lembar itu tadi, kalo dibukukan ya kurang lebih 1000+ halaman lah *pamer padahal juga nggak semua kebaca hehehe.


Nah untuk mendapatkan Sertifikasi CCIE ini kita harus lulus di kedua model ujian ini, tapi kita diwajibkan dan harus lulus Written nya sebelum maju ke Ujian Lab. Karena salah satu Syarat untuk mengikuti ujian CCIE Lab adalah kita harus lulus ujian CCIE Written terlebih dahulu.

Setelah lulus di ujian Written, kita nanti akan dapet semacam Pass Key untuk bisa daftar ke Ujian CCIE Lab. Pass Key nya itu semacam no urut gitu deh, dan no urut itulah yang nantinya akan kita gunakan pegangan kita untuk daftar di Ujian CCIE Lab.

Ini aku ada gambar portal-nya CCIE.


Nah dari portal itulah kita bisa nglihat status Ujian CCIE Written kita *scoring, kita bisa daftar dan ngelihat pada tanggal berapa dan di negara mana saja ada kursi yang masih tersisa untuk ujian Lab CCIE. Ohh iya ada hal yang menarik di portal ini, namanya Visa Invite, jadi buat kalian yang pengen ujian ke luar negeri kalian bisa apply visa nya dengan bantuan promosi dari  Cisco nya langsung. Caranya gampang kok, kalian tinggal tunjukin aja Tiket dan Konfirmasi pembayaran Ujian CCIE Lab Kalian. Kan Lumayan kalo bisa jalan - jalan ke luar negeri. Kalo kata para CCIE Candidate begini "Seenggak nya kalopun tidak bisa dapet angka nya bisa dapet jalan - jalan ke luar negeri nya". Ada benernya juga sih kalo di lihat - lihat, ya daripada galau terus nyemplung ke laut gara- gara gak lulus ujian kan mendingan buat jalan - jalan, bisa happy - happy, bisa foto - foto *tapi jangan selfie ya hehe.


Kembali ke cerita 9 April 2013.
Setelah lulus dari Ujian CCIE Written, angan - angan konyol ku berkata, wah 6 bulan lagi aku harus attempt ujian ni. gak bisa nunggu waktu lama-lama takutnya lupa nanti hehe. Dan, akhirnya aku Nekatin untuk daftar Ujian CCIE Lab di Jakarta tanggal 20 September 2013. Itu artinya aku punya waktu 5+ bulan untuk belajar dan melakukan persiapan materi untuk CCIE Lab.

Setelah tanggal 9 April itu, hari - hari ku dikit demi sedikit mulai berubah, kalo kata Dewa-19 kan "Malam-malamku bagai malam seribu bintang. Yang terbentang di angkasa bila kau disini. Tuk sekedar menemani tuk melintasi wangi. *halah kok malah nyanyi". Enggak, malam - malam ku gak semanis Malam nya si Om Dhani, ini malam Versiku
"Malam jadi Pagi, Pagi tetap Pagi, Siang tetap Siang, Sore tetap Sore dan kembali ke Malam lagi"
Ngenes ya *lebay hehe. Iya...mungkin sedikit ngenes kalo di ingat-ingat, gimana enggak. Disaat temen - temen yang lain asyik bermain atau ngobrol-ngobrol aku harus tetep dikamar sambil ngegigit jari dan ngebukain modul demi modul untuk belajar hahaha.

Biasanya untuk ngilangin bujukan main tersebut, aku masang earphone and then you know what i mean lah "nyetel musik kenceng abiss" hehe..Biar gak kedengeran itu temen-temen diluar lagi ngobrolin apaan atau lagi ngapain. Karena akan sangat berbahaya apabila teriakan salah satu temen terdengar jelas dari kamar "Bo...Nge-PES ayohh...wes gak wani a sak iki". *PES itu game Bola di PC.
Mungkin kalo hastag #akurapopo saat itu sudah muncul, sepertinya ekspresi ku cocok jadi model nya hahaha *luwebay broo

 
si Kampret sialan *dulunya haha..



*Bersambung, istirahat siang dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar