Minggu, 20 April 2014

Masih ~ Nama Saya #kresAngka

Karena sering ketiduran itulah akhirnya Video itu hanya jadi Video dan tidak pernah tak sentuh lagi, daripada cuma tidur dan akhirnya gak blajar, mending aku belajar nya textual saja, yang lebih jelas.

Belajar CCIE ini mungkin adalah Perjalanan Belajar yang panjang dan melelahkan *lebay. Karena apa ? Karena saat itu aku memulai belajar ini dari bener - bener nggak ngerti, bahkan membaca model dan mengertikan maksud dari setiap soal di workbook-pun aku nggak ngerti. Busyeet ini soal sulit - sulit amat ya, kayaknya baru denger barusan aja deh ini materi ... begitu dan selalu begitu lah yang dulu aku alami.

Jadi kalo para Candidate lain mungkin sudah benar - benar prepare dan siap dengan soal, kondisi yang berbeda terjadi pada diriku ini *halah. Boro - boro mau prepare, ngerti maksud soal latihannya aja kagak, jadi setiap ada hal baru yang ditemui di Workbook, harus sowan dulu ke Empu Google. Dipanggil Empu karena gara-gara si google ini aku jadi punya keris buat matiin si soal CCIE *halah.
Begitulah, materi - materi baru itu semakin hari semakin memenuhi Buku Binder ku, berhubung aku cuma punya buku satu dan satunya - satunya, Jadi si Binder yang awal mulanya aku beli untuk kuliah itu pun sekarang jadi ternodai dengan materi - materi dari CCIE hehehe.

Selain di buku itu, aku biasanya nulisin coret-coretan hasil nge-googling ke lembaran-lembaran kertas A4 yang ada di kamar, jadi mungkin kalo dikumpulin bisa jadi Musaf CCIE gitu kali ya...*ah lebay yang bagian ini, abaikan.

Hari semakin dekat, dan Workbook - workbook itu pun mulai bersahabat denganku. Satu demi satu Soal latihan di Workbook sudah mulai terpecahkan. Kalo sudah begini, Latihan selanjutnya adalah latihan speed. Latihan Speed ini akan sangat berguna saat nanti kita ujian CCIE. Gara - gara latihan Speed ini aku bisa ngetik 10 Jari lo *pamer. Nah latihan speed ini juga harus dikombinasikan sama Timing Management. Jadi selain bisa njawab soal, seorang CCIE candidate harus memiliki speed yang cepet dan timing management yang bagus.



Timing management ini sangat penting untuk dilatih sejak awal, karena nanti pada saat ujian waktu 8 Jam itu akan terasa sangat cepat. Ohhh iya ya, aku lupa, jadi ujian CCIE itu waktunya 8 Jam Netto nya. Brutonya 8 Jam 15 menit an lah, 15 menit nya buat istirahat makan siang. Ada dua Session di Ujian CCIE, yang pertama adalah Session Troubleshoot dan yang kedua adalah Session Lab Config.

Troubleshoot, sesuai dengan namanya berarti kita dituntut untuk ngebenerin beberapa perangkat yang masalah agar solusi yang didapatkan sesuai dengan apa yang diminta soal. Session ini punya Waktu Maximal yaitu 2 Jam. Ada 10 Soal di Session ini, jadi rata-rata tiap soal harus diselesaikan 10 menit, nanti 20 menit sisanya digunakan untuk melakukan verifikasi solusi.

Ohh iya, di Session ini kan ada 10 soal tu, tiap soal memiliki point 2, dan ada 2 soal yang memiliki point 3. Jadi kalo Semua jawaban benar maka jumlah point yang dikumpul adalah 22. Dan yang kejam adalah, Cisco hanya mentolerir anda untuk kehilangan 5 point di Session ini, This means that, Kita dibolehkan hanya salah 1. Enggak 1 juga sih, bisa dua juga, tapi dengan kombinasi Satu soal yang berpoint 3, dan satu soal point 2 atau dua2 nya point-nya 2.

Apabila kita melakukan kesalah pada soal yang memiliki point 3, dua-duanya salah, maka sekalipun kita lulus di Session Lab Config. Maka ke esokan harinya dapat dipastikan kita akan melihat tulisan Fail for your Exam and Thank you for your participation *Our Payment to CCIE Exam. Sialan bukan ? Sialan banget pokok ... tapi gpp lah, namanya juga aturan, ya harus diikuti *sambil tetep mbatin, sialan sialan sialan....

Ini lo yang aku maksud ...

kembalikan uang saya haha

$1750 broo...bukan jumlah yang sedikit untuk hanya sekedar coba-coba apalagi niat awalnya "bondo nekat", dan bukan jumlah yang banyak juga untuk sebuah "provement to begin". Ohh iya, jadi buat siapa saja yang mau mencoba ujian CCIE ini, maka kalian harus niatkan dulu di dalam hati jauh  - jauh hari sebelumnya, tantangan terbesar bukan pada materi ujiannya, tapi pada Biaya dan Diri kalian sendiri. Kurangi Jajan, kurangi jam Apel, kurangin kunjungan kerja ke XXI hahaha..Pokoknya nabung nabung dan nabung, awalnya memang terasa berat. Tapi asalkan niat bener - bener, insy bisa kok. Itu bukan jumlah yang besar juga *sombong sambil megang perut yang semakin kurus...Masih besaran 1751 kan daripada 1750 hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar